Ikan Gabus adalah salah satu ikan air tawar yang paling digemari untuk dikonsumsi di Indonesia. Kandungan ikan gabus kaya akan protein yang tinggi dan kandungan gizi yang mengalahkan gizi ikan salmon. Tidak heran jika ikan gabus dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Ikan Gabus (Chana Striata) disebut juga ikan ular karena bentuk kepalanya yang pipih melebar, bersisik besar dengan mulut tajam menyerupai kepala ular. Ikan-ikan ini hidup di kawasan tropis Afrika, Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Asia Timur.

Semua jenis kerabat Ikan Gabus (Family Channidae) adalah ikan predator yang mampu menghirup udara langsung dari Atmosfer. Mampu bergerak jarak jauh pada musim kemarau untuk mencari sumber air baru yang lebih menetap.

Menjadi sumber protein hewani bernilai ekonomis tinggi. Kandungan protein yang tinggi, rasa dan tekstur daging yang gurih, padat serta sedikit duri membuat ikan ini digemari dan cocok untuk berbagai industry produk olahan ikan. Protein dalam ikan gabus jumlahnya lebih dari 25% yang merupakan jumlah yang cukup tinggi dibandingkan jenis ikan lainnya.

Ikan gabus juga memiliki kandungan albumin yang tinggi. Albumin merupakan protein utama dalam darah yang diproduksi oleh hati. Albumin memiliki peran yang sangai penting bagi tubuh, sehingga kekurangan albumin dapat menyebabkan berbagai masalah bagi tubuh. Kandungan lainnya yang terkandung dalam ikan gabus adalah omega-3, zat besi, fosfor, kalsium, vitamin A, vitamin B1, dan juga air.

Manfaat Ikan Gabus bagi kesehatan.

Ikan gabus bisa dikonsumsi secara langsung atau pun setelah diekstrak dan dikemas dalam bentuk kapsul. Manfaat ekstrak ikan gabus juga tidak kalah dengan khasiat ikan gabus ketika dikonsumsi secara langsung. Berikut adalah manfaat ekstrak ikan gabus dan manfaat ikan gabus yang sudah banyak terbukti :

1.     Mempercepat penyembuhan luka

         Manfaat ikan gabus untuk menyembuhkan luka memang dapat dikatakan sebagai manfaat paling utama.          Hal ini tentunya berkat kadar albumin yang tinggi dalam ikan gabus. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, albumin merupakan protein utama dalam darah. Albumin memiliki peran yang sangat penting dalam penyembuhan luka.

         Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa pemberian ekstrak ikan gabus pada pasien pasca operasi terbukti dapat memicu proses penyembuhan luka lebih cepat. Tentunya konsumsi ikan gabus tidak hanya baik untuk pasien yang menjalani operasi, tapi juga bisa Anda gunakan untuk membantu proses penyembuhan luka yang disebabkan oleh berbagai faktor lainnya.

2.     Mengatasi kurang gizi

         Khasiat ikan gabus yang kedua adalah mengatasi masalah kurang gizi. Menjaga keseimbangan gizi memang bukan merupakan hal yang mudah, terutama pada anak-anak yang memiliki kebiasaan susah makan. Hal ini lah yang menyebabkan sering kali anak-anak kekurangan gizi pada masa pertumbuhannya.

         Konsumsi ikan gabus maupun ekstrak ikan gabus secara rutin dapat mengatasi kekurangan gizi tersebut, karena kandungan nutrisi dalam ikan gabus hampir memenuhi keseluruhan kebutuhan gizi harian, terutama untuk anak-anak.

3.     Memelihara otot

         Manfaat ikan gabus selanjutnya adalah dapat memelihara otot. Anda tentunya sudah pernah mendengar bahwa protein adalah nutrisi yang sangat penting dalam pembentukan otot. Ikan merupakan salah satu sumber protein terbaik untuk tubuh.

         Kandungan protein dalam ikan gabus mengalahkan ayam, daging sapi, dan ikan air tawar dan bahkan beberapa jenis ikan laut. Kandungan protein dalam ikan gabus memang masih di bawah ikan salmon, tapi ikan gabus bisa menjadi pilihan ikan air tawar terbaik untuk memenuhi kebutuhan protein Anda.

4.     Menjaga cairan dalam tubuh tetap seimbang

         Ikan gabus tidak hanya akan memenuhi kebutuhan protein, tetapi juga mampu untuk menjaga keseimbangan carian dalam tubuh. Manfaat ikan gabus yang satu ini juga didapatkan dari kadar albumin yang ada di dalamnya.

         Keseimbangan cairan dalam tubuh merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Kadar cairan yang tidak seimbang dapat menyebabkan berbagai masalah bagi tubuh, termasuk mengganggu proses penyerapan protein dalam tubuh.

5.     Baik untuk pencernaan

         Manfaat ikan gabus ternyata sangat baik untuk pencernaan. Ikan gabus memiliki kadar protein yang tidak kalah dengan daging, tapi ikan gabus memiliki keunggulan yaitu lebih mudah dicerna dalam pencernaan. Hal ini tentunya sangat penting karena jika kita mencerna makanan yang mudah dicerna, maka pencernaan tidak perlu bekerja terlalu keras hingga dapat membuat fungsinya terganggu.

6.     Nutrisi untuk pertumbuhan

         Manfaat ikan gabus ternyata bisa juga menjadi nutrisi pendukung pertumbuhan. Ikan gabus sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak. Kondisi ini merupakan kondisi di mana tubuh membutuhkan nutrisi ekstrak bagi tubuh untuk membantu proses pertumbuhan

         Jika sebelumnya ikan gabus digunakan untuk mengatasi kekurangan gizi, maka langkah yang satu ini dikatakan sebagai langkah pencegahan. Selain untuk membantu pertumbuhan, ikan gabus juga baik untuk menmenuhi kebutuhan nutrisi untuk lansia.

7.     Mengatasi hipoalbuminemia

         Kekurangan albumin dalam tubuh tidak bisa dianggap sepele karena dapat memicu berbagai masalah lain bagi kesehatan. Gejala hipoalbuminemia antara lain adalah seperti edema, nafsu makan berkurang, diare, mual, hipotens, penyakit kuning, dan masih banyak lagi. Penyebab hipoalbuminemia juga ternyata bermacam-macam mulai dari hipertiroidisme, diabetes, sirosis hati, gagal jantung, hingga penyakit lupus.

         Pengobatan yang dilakukan tentunya harus menyesuaikan dengan penyakit penyebabnya. Di samping melakukan pengobatan untuk penyakit utamanya, penggunaan ikan gabus juga bisa dilakukan untuk mengatasi gejala dari rendahnya kada albumin tersebut.

8.     Bagus untuk ibu hamil

         Biasanya ibu yang sedang hamil disarankan untuk mengonsumsi banyak protein hewani seperti ati ayam, telur, dan ikan. Seperti yang kita tahu, banyak jenis ikan air tawar, seperti ikan gabus yang lebih banyak memiliki manfaatnya. Kandungan protein pada ikan ini cukup tinggi dan dipercaya sangat bagus untuk pertumbuhan rahim ibu hamil dan juga janin.

9.     Menambah berat badan

         Selain banyak makan untuk menambah berat badan, Anda bisa mengonsumi protein hewani yang dipercaya sangat baik untuk menambah berat badan. Mengombinasikan karbohidrat dan protein seperti nasi dan ikan gabus, dapat memicu pembentukan sel.

Bagi Anda yang kurus, cocok untuk makan ikan gabus!

10.   Bagus untuk penderita diabetes

         Manfaat ikan gabus untuk kesehatan berikutnya adalah baik untuk penderita diabetes. Mereka yang menderita diabetes tidak diperbolehkan makan nasi putih karena berisiko menaikkan kadar gula darah. Kini, penderita diabetes tak usah bingung lagi untuk memenuhi kalori harian, karena khasiat ikan gabus dapat memenuhi kebutuhan kalori harian.

11.   Menjaga kesehatan mata

         Jika ingin memiliki mata yang sehat, maka konsumsilah vitamin A secara rutin. Salah satu makanan yang mengandung vitamin A yang cukup tinggi adalah ikan gabus. Ikan ini mengandung 150 G vitamin, yang sangat manjur untuk menjaga kesehatan mata Anda.

                    (KAIIPI2020)